Sabtu, 18 Juni 2011

Kenaikan dan Penjurusan Kelas Tahun Ajaran 2010/2011

Sabtu, 18 Juni 2011 seluruh siswa SMAN 3 Malang kelas X, XI maupun XI Akselerasi akan menerima laporan hasil belajar dan penentuan kenaikan kelas. Khusus XI Akselerasi yang menerima laporan evaluasi hasil belajar mereka untuk semester pertama. Seluruh wali murid kelas X dan XI terlebih dahulu dikumpulkan di Aula Tugu untuk mendapatkan info seputar evaluasi belajar putra-putrinya. Wali murid kelas XI diundang pada pukul 07.30 WIB sedangkan wali murid kelas X diundang pada pukul 09.30 WIB. Pada pukul 07.45 WIB kegiatan dibuka oleh Wakil Kepala SMAN 3 Malang urusan Humas, Ibu Umi Patria dilanjutkan oleh Wakil Kepala bidang Kurikulum, Bapak Hariyanto yang membacakan Keputusan Kepala Sekolah tentang Kenaikan Kelas dan Penjurusan setelah melalui berbagai tahapan, termasuk Rapat Pleno pada tanggal 15-16 Juni 2011 yang salah satunya memutuskan bahwa seluruh murid kelas XI dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu kelas XII. 

Peringkat paralel kelas XI bidang IPA diperoleh Annisa Trisatharra dari XI IPA 2 dan bidang IPS diperoleh oleh Lely Fitri Mardiana dari XI IPS 2 selanjutnya para orang tua siswa yang putra-putrinya meraih peringkat terbaik di kelas dan paralel untuk menerima penghargaan dari sekolah, yang diberikan langsung oleh Kepala SMAN 3 Malang Bapak Drs. H. Moh. Sulthon, M.Pd. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa tantangan untuk siswa-siswi di kelas XII semakin berat sehingga orang tua siswa diharapkan lebih memperhatikan kedisiplinan putra-putrinya dalam belajar. SMAN 3 juga akan memberikan bimbingan belajar bagi siswa-siswi kelas XII untuk mempersiapkan murid kelas XII dalam menghadapi UAN. Kolaborasi antara orang tua siswa dan sekolah dalam mengawal siswa-siswi kelas XII diharapkan akan mampu mengulangi kesuksesan tahun ini dengan meluluskan 100% siswa kelas XII. Lulusan SMAN 3 Malang pun secara membanggakan dapat memasuki berbagai perguruan tinggi bergengsi baik di Indonesia maupun luar negeri. Hal ini diharapkan dapat diikuti oleh lulusan SMAN 3 Malang pada tahun mendatang. 

Dalam kesempatan itu pula Kepala Sekolah menyampaikan harapan kepada Bapak-ibu wali murid untuk mengeluarkan infaq dan shodaqoh secara sukarela sebagai wujud rasa syukur. Hasilnya akan digunakan untuk membantu siswa-siswi SMAN 3 Malang yang tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan penunjang belajar, pembelian formulir pendaftaran ujian masuk Perguruan Tinggi, maupun biaya akomodasi untuk ujian perguruan tinggi di luar kota. Kepala SMAN 3 Malang menegaskan bahwa dana tersebut tidak akan dirupakan dalam bentuk fasilitas-fasilitas sekolah seperti meja-kursi. Setelah sambutan, acara ditutup dengan pembacaan doa dan dilanjutkan dengan kegiatan pembagian Laporan Hasil Belajar peserta didik di kelas-kelas yang telah ditentukan.(abs/ editor: wsw)